Jumat, 09 November 2012

CARA MEMPROMOSIKAN LAGU DAN BAND


SEKILAS TENTANG PLATINOEM BAND

Sebuah kolaborasi baru dilakukan oleh Platinoem, rope pendatang baru yang dipercaya untuk mengisi soundtrack film Negeri 5 Menara. Ikang dan Platinoem berkolaborasi untuk sebuah lagu yang diberi titel The Winner, yang juga diperkenalkan dalam acara peresmian Gedung ˩ Universitas Gunadarma.
"Sungguh keberuntungan yang luar biasa, `Si Preman` (Ikang Fawzi) mau menjadi featuring dari Platinoem band," kata Sam, vokalis Platinoem, seperti dilansir okezone.com.
Platinoem, yang terdiri dari Sam, Donny (drum), Mocek (gitar), Angga (gitar), dan Candra (bas), juga mengapresiasi Ikang, yang menyempatkan diri untuk menghadiri peresmian gedung universitas di kawasan Jakarta Timur tersebut.
Keberuntungan bagi Platinoem tak berhenti sampai di situ. Pasca-merilis manuscript perdana mereka (self-titled), Platinoem lantas dipinang salah satu musikus kenamaan Tanah Air, Yovie Widianto.
Sebuah proyek musik besar yang melibatkan Platinoem dengan Yovie Widianto Music Factory, Kain Entertainment, dan Sony Music Indonesia. Proyek tersebut merupakan manuscript kompilasi yang diproduksi Yovie Widianto Music Factory.
Dari pinangan Yovie tersebut Platinoem didaulat untuk berkolaborasi dengan Ikang dan mereka mengisi soundtrack dari film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman itu. EL jcomments on
CARA CARA MENJUAL N MEMPROMOSIKAN LAGU
Kenapa orang kok ga ada yang mau beli album?
Kenapa orang pada download lagu di internet?
Kenapa mereka hanya mau punya RBTnya?
Kenapa penjualan CD kompilasi secara ajaib tetep tinggi?
Kenapa orang hanya tertarik dengan hit singles?
Kenapa orang ga mau beli CD?
Mari kita coba jawab pertanyaan tadi dengan membalikkan pertanyaan…
Kenapa dulu orang beli CD?
KARENA DULU MEREKA BELUM BISA MENDOWNLOAD SINGLES
KARENA DULU BELUM ADA RBT
Dari dulu, orang sebenarnya lebih tertarik dengan hits.
Tapi karena dulu belum ada akses menuju download singles, atau I-tunes atau RBT maka satu satunya cara untuk mendapatkan akses kepada hits yang mereka suka adalah dengan merequest di radio, atau membeli albumnya.
Kemudian karena orang banyak yang menyukai hits tertentu maka munculah CHART SHOW yang menunjukkan mana saja lagu yang lagi nge-hits.
Kemudian muncul predikat # 1 HIT SINGLE!
Jay Z, berpikiran berbeda. Pada perayaan 10 tahun berkarir di dunia musik Jay Z berkata “Saya tidak pernah punya #1 Hit Single, tapi saya punya 10 album yang masuk ke #1 Album. Bagi saya ini membanggakan karena pembeli saya menghargai album saya secara utuh, bukan hanya mencintai 1 atau 2 lagu saya”
Kalimat itu, bagi inspiratif dan provokatif.
lebih baik album  nomor 1 dari pada hanya 1 lagu yang jadi nomor 1.
Maka strategi  dalam album ini adalah dengan TIDAK MENCETAK HITS.
HITS pada jaman sekarang membuat orang hanya mencintai 1 atau 2 lagu dan dengan itu mengurangi kemungkinan mereka untuk membeli album.
bertanya kepada banyak orang apa alasan mereka membeli sebuah album.
Jawabannya 100% sama.
Ada banyak lagu yang enak di album tersebut.
Maka fokus  adalah pada perkenalan banyak lagu  ketimbang hanya 1 lagu .
Selain single  You think you know (Indonesia)  memainkan 5 lagu yang berbeda selama 1 bulan.
Ada yang salah feat. Tompi, Mulanya biasa saja feat Angga, Untuk Indonesia feat Drusteelo, Tabib Qiu dan Joeniar Arief, Dibayang masa lalu dan terakhir lagi Kembali tertawa.
Masing masing lagu  mainkan sekali. Hanya satu kali di radio HRFM 1 kali. Tapi mainkan pada jam yang tepat.
yakin, 5 lagu (6 dengan single You think you know) itulah yang memberikan penilaian di benak pendengar bahwa ada banyak lagu yang enak di album.
Ketika di Bandung, focus pada hal yang sama. Memainkan sebanyak banyaknya lagu yang tepat untuk tiap radio (mengingat tiap radio karakternya beda).
Setelah 3 hari di Banding keliling ke 14 radio, efeknya terasa di email dan SMS handphone. People took notice. Orang bisa bilang “Ah tapi  kan penyiar di HRFM, enak bisa mainin lagu seenaknya”Mungkin benar, tapi setiap musisi bisa melakukan apa yang lakukan dengan teknik yang disebut BARTER PROMOSI.
This is nothing new.Hanya saja orang suka menggunakannya dengan salah.
Waktu  kerjasama barter, menawarkan logo radio partner di 1000 keping CD. mendapatkan fasilitas berikut ini
SPOT (iklan radio)
ADLIBS (iklan baca)
INSERT (sebuah sisipan, biasanya untuk kuis)
Jumlahnya tidak banyak. Sehubungan dengan jumlah keping CD yang juga tidak banyak.
 minta untuk mengkonversikan semuanya dengan INSERT. menolak ADLIBS, SPOT karena menurut  hanyalah iklan dan iklan tidak efektif. minta INSERT agar bisa memainkan lagu sebanyak mungkin.
INSERT pada dasarnya adalah alat promosi kita yang bisa digunakan untuk apapun.
Mau jadiin kuis, mau sekedar bacain materi, live report, termasuk didalamnya memainkan lagu .Kemudian yang perlu orang lakukan adalah menghitung nilai barter.
Bertanya adalah hak musisi yang melakukan kerjasama barter.Tanyalah berapa harga insert pada prime time dan harga insert pada regular time.Prime time adalah waktu dalam sehari dimana pendengarnya paling banyak.Regular time adalah sisanya.
Biasanya iklan pada prime time (PT) lebih mahal daripada kalau iklannya dipasang di regular time (RT)
Setelah kita tahu harga harganya maka kita bisa berhitung berapa nilai total barter yang diberikan radio partner.
Dengan angka itu yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan berapa banyak dari nilai tersebut yang akan kita fokuskan pada PT.
Tentunya mengingat harga PT yang lebih mahal maka kalau semua angka tersebut dikonversikan ke insert PT maka jumlahnya akan lebih sedikit daripada kalau semua nilai barter dikonversikan kepada insert RT.
Tapi ingat, sebelum album  keluar, dan semasa album ada di pasaran hingga kini albumnya habis  hanya memainkan 5 lagu diatas 1 kali!!! Tapi pemasangan pada jam yang tepat sangat sangat penting.
Inilah yang menurut t orang memiliki keputusan untuk mau membeli album . Masalah membeli asli diatas bajakan.
Sekali lagi, mainkan sebanyak banyaknya lagu terbaikmu di radio.Bukan satu lagu sesering mungkin.
Tapi sebanyak banyaknya lagu, pada waktu yang tepat.
SO I GUESS THAT’S IT.
Inilah cara  menjual 1000 CD dalam 30 hari.
Memang, bisa jadi  CDnya laku karena punya banyak fanbase.
Tapi itu sama sekali tidak menjamin.
For example, Ghostface a rapper from down south. A member of Wu Tang Klan.
CDnya terjual 15.000 keping.
Banyak?
Ternyata Ghostface langsung memasang videonya di youtube dan ngomel kepada fansnya sambil berkata
“Saya baru terima laporan penjualan CD saya dan saya kecewa. Saya punya 115.000 fans di Myspace!!! Kemana kalian semua? Kalian kenapa masih mendownload lagu saya? Apakah kalian tidak sadar bahwa kelakuan kalian bisa membuat saya gantung mic?”
Punya fan base bukan hal pasti untuk dapat menjual CD dengan baik.
Bukankah Samson dengan penjualan album pertama sebanyak 750.000 CD seharusnya punya fanbase yang baik?
Mengapa album ke 2 fanbase tersebut tidak berhasil membuat Samson menjual sebaik album pertama?
We can not wait and hope.
We can not assume.
We have to make an effort.
Merasa punya fan base dan menunggu untuk mereka melakukan sesuai dengan harapan kita adalah bukan strategi
Seperti kata Hillary Clinton “Hope is not a strategy”
So there you have it.
I have revealed my strategy.
What I know, is yours.
Knowedge is a public domain.
You have every right to be educated.
 berdoa yang terbaik untuk  karya .
Ini bukanlah strategi hanya untuk dunia musik.
Strategi  adalah kumpulan ilmu yang di dapatkan dari baca buku.
Kini strategi itu jadi milik kita.
Goodluck, learn a lot, and workhard
Sebenarnya sih nggak persis 1000 CD gue jual dalam 30 hari.
Cara Musisi Indi Luar Mempromosikan Lagunya
Champion Sound...
AmieStreet.com –Jejaring social dan pasar musik untuk para indie artis. Mereka memberikan 70% penjualan untuk si artis.
AnyGig.com – Tempat kumpulnya musisi untuk berbagi karya sekaligus membuka penawaran untuk tempat manggung di luar negeri
Artistopia.com – Panggung online. Disini grup band bisa unjuk kebolehan lewat profile dan karya.
BandBuzz.com – Jejaring social tempat artis dan musisi meng-upload karya dan diapresiasi oleh user lain.
BandChemistry.com – Tempat mangkalnya anak band. Jika kehilangan salah satu personil nggak usah bingung. Disini sudah tersedia. Tinggal pilih, lalu nego, jalan lagi deh.
Bandwagon.co.uk – Jejaring social yang memungkinkan sebuah grup band menjual mobile content berupa ringtones dan wallpapers
ChampionSound.com – Milis gratis untuk manajer artis, promoter, dan even organizer.
Elisteningpost.com – Jalan bagipara musisi dan menjual karya seperti halnya di Myspace dan facebook
FireGigs.com – Sebuah situs yang mau mempromosikan lagu ciptaan band indie. Cara promosinya, lagu band Anda akan dimainkan di beberapa kafe, plus dimasukkan Aplikasi Facebook dan widget di Myspace.
Fuzz.com – Membuka kesempatan bagi band indie untuk jualan, berpromosi, wawancara lewat milis dan masih banyak lagi.

Mubito...
HumbleVoice.com – Hampir sama seperti yang lain. Ini situs yang membuka kesempatan lebar bagi usisi indie untuk berpromosi
iJamr.com – Mekanisme situs ini agak ajaib. Seorang musisi mengupload lagunya, lalu diunduh oleh para blogger untuk dipasang di blognya. Jika lagu terjual maka si blogger mendapat komisi. Di situs ini sudah tersedia besaran komisinya.
Indistr.com – Sebuah perusahaan yang membuka peluang bagi para musisi untuk menjembatani penjualan karyanya. Untuk jasa tersebut Indistr.com memungut 25 % dari penjualan karya musisi.
mTraks.com – Pasar dan jaringan bagi artis indie untuk mempromosikan dan menjual karya musik mereka.
Mubito.com – Mempermudah Anda untuk membuat web untuk band sekaligus berjualan karya musik Anda dalam bentuk mp3.

Ringtones Sell...
Musicane.com – Berpromosi dan menjual karya musik dan ringtones
MusicNation.com – Kumpulan aneka profil musisi yang terbiasa berpacu dalam aneka kompetisi dan festival.
Panjea.com – Jika grup band Anda mempunyai banyak video, bisa dikompilasikan di web ini. Ini akan membuat upaya promosi Anda makin efektif.
PocketFuzz.com – Tempat para musisi indie menjual ringtones dan menjangkau penggemar lewat media mobiles phones.
Popfolio.net – Lagu yang diupload bisa dikemas dalam bentuk widget. Para blogger bia mengunduh widget tersebut untuk dipasang diblognya. Upaya ini mempermudah para musisi menyebarkan hasil karya musiknya.

Mailing List...
PumpAudio.com – Membuka kesempatan bagi musisi indie untuk direkrut oleh industri televise dan film.
Ripple9.com – Situs yang membantu band indie untuk mempublikasikan karyanya lewat media mobile phone.
Scriggleit.com – Software yang dapat Anda gunakan di laptop, sehingga siapapun yang menggemari hasil karya musik Anda akan bisa langsung mengakses lewat Mailing List.
SessionSound.com – Situs yang membuka kesempatan bagi para musisi indie untuk melakukan penjualan online
Sonicbids.com – Memungkinkan para musisi mencari software elektronik yang murah meriah dan selalu update.

17 komentar:

  1. butuh vokal 2 (cwe) dan drummer domisili jakarta diutamakan bekasi kami akan rilis mini album 10 song yang saat ini baru rampung 2 song full vokal 1 (cwo). untuk info dan sample lagu kami klik http://www.reverbnation.com/aliasbandindonesia atau 087780418274 hanya untuk yang serius ingin terjun di dunia musik.

    BalasHapus
  2. mf ne kami mau promosikan lagu band kami nompang ea bos ne situsnya
    http://www.youtube.com/watch?v=5jcJAat_W1Q
    yg ter tarik ma kami, hubungi kami di 087749154659.

    BalasHapus
  3. Nama saya Fazar Febriansyah dari universitas Gunadarma SI 2012, izinkan saya untuk mempromosikan band kami dari Jakarta.
    Untuk mengenal lebih jauh tentang asal-usul serta sample lagu bisa di cek di http://www.reverbnation.com/weareluvet
    facebook LUVET, dan follow twitter kami @weareLUVET

    Terima panggilan untuk mengisi panggilan festival, gigs, pentas seni, akustikan dll
    contact person: (whatsapp, phone) 085697701703 FazarFebriansyah
    lineID: vijeyfe

    Terima kasih atas segala kesempatan yang diberikan.

    BalasHapus
  4. PARAY BAND; JAGALAH BUDAYA KITA...

    BalasHapus
  5. Blog yg bagus, informatif + inspiratif + tif2 lainnya,
    era pemilu presiden, yg kampungan + suka presiden dangdut kaya saya
    ke sini ya;
    ---> http://www.youtube.com/watch?v=bw1q5CxGPMU
    ---> http://www.youtube.com/watch?v=gSYvDN9E3Oo

    BalasHapus
  6. Check it out teman :)
    Double-iL - Dance with me
    http://www.reverbnation.com/doubleil/song/19440053-dance-with-me-feat-fail

    BalasHapus
  7. hai smua nya
    ikutan share juga nih,,solo project aja
    https://soundcloud.com/erqigalo


    http://erqigalo.blogspot.com/2014/06/slam-sudara-muisi-di-tanah-air-skalian.html

    BalasHapus
  8. monggo mampir gan....

    http://www.youtube.com/watch?v=iLr5Q1j_6z4

    BalasHapus
  9. Numpang promosi band kami gan, Commetro Band

    Silahkan download lagunya :
    http://al-irzaa.faa.im/files/seandainya.mp3

    BalasHapus
  10. Tonton "Sakitnya Tuh Disini-Versi Rap/DJ- ICHAL- DP-(Cover Cita- Citata)" di YouTube
    http://www.youtube.com/watch?v=ynHn4F6p0AM&feature=youtube_gdata_player

    BalasHapus
  11. Cek my youtube channel, maaf suara pas-pasan & g ada musiknya..

    https://m.youtube.com/channel/UC-M3Kz84eeR3ecODvu4WkTQ

    BalasHapus
  12. Masukkan komentar Anda...Saya juga lg belajar bkin lagu dg musescore.. http://soundcloud.com/guffit-vestian/metal1 instrumental saja, krn bingung bkin lirik nya. Lagu nya juga cuma setengah, bingung nerusin nya.

    BalasHapus
  13. izin promo juga teman2 ini singgle terbaru kami siza-kuberharap
    udah rilise di spotify juga dan rilise vidio clip kita lihat ya kasih saran kurangnya dmn salam musik smuanya

    https://youtu.be/7Vbuvx40csQ

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum.. Numpang promosi ya teman2 band kami dari asal bandar lampung check https://youtu.be/kaRTScJ7_r4

    BalasHapus
  15. Izin promo kk, single terbaru cathlynne helena utk mv bisa di lihat di https://youtu.be/dsurWVRdm88 n sdh rilis di https://open.spotify.com/track/2BV7SlCQjC2ip3ZG3HK5f8?si=xw56NWTEQ1W2MRVUGb8VYw&utm_source=copy-link
    https://open.joox.com/s/rd?k=rqhVh
    https://vt.tiktok.com/ZSdhSsEba/
    Terimakasih kk

    BalasHapus