SEKILAS TENTANG PLATINOEM BAND
Sebuah kolaborasi baru
dilakukan oleh Platinoem, rope pendatang baru yang dipercaya untuk mengisi
soundtrack film Negeri 5 Menara. Ikang dan Platinoem berkolaborasi untuk sebuah
lagu yang diberi titel The Winner, yang juga diperkenalkan dalam acara
peresmian Gedung ˩ Universitas Gunadarma.
"Sungguh
keberuntungan yang luar biasa, `Si Preman` (Ikang Fawzi) mau menjadi featuring
dari Platinoem band," kata Sam, vokalis Platinoem, seperti dilansir
okezone.com.
Platinoem, yang terdiri
dari Sam, Donny (drum), Mocek (gitar), Angga (gitar), dan Candra (bas), juga
mengapresiasi Ikang, yang menyempatkan diri untuk menghadiri peresmian gedung
universitas di kawasan Jakarta Timur tersebut.
Keberuntungan bagi
Platinoem tak berhenti sampai di situ. Pasca-merilis manuscript perdana mereka
(self-titled), Platinoem lantas dipinang salah satu musikus kenamaan Tanah Air,
Yovie Widianto.
Sebuah proyek musik
besar yang melibatkan Platinoem dengan Yovie Widianto Music Factory, Kain
Entertainment, dan Sony Music Indonesia. Proyek tersebut merupakan manuscript
kompilasi yang diproduksi Yovie Widianto Music Factory.
Dari pinangan Yovie
tersebut Platinoem didaulat untuk berkolaborasi dengan Ikang dan mereka mengisi
soundtrack dari film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman itu. EL
jcomments on
CARA
CARA MENJUAL N MEMPROMOSIKAN LAGU
Kenapa orang kok ga ada
yang mau beli album?
Kenapa orang pada
download lagu di internet?
Kenapa mereka hanya mau
punya RBTnya?
Kenapa penjualan CD
kompilasi secara ajaib tetep tinggi?
Kenapa orang hanya
tertarik dengan hit singles?
Kenapa orang ga mau
beli CD?
Mari kita coba jawab
pertanyaan tadi dengan membalikkan pertanyaan…
Kenapa dulu orang beli
CD?
KARENA DULU MEREKA
BELUM BISA MENDOWNLOAD SINGLES
KARENA DULU BELUM ADA
RBT
Dari dulu, orang
sebenarnya lebih tertarik dengan hits.
Tapi karena dulu belum
ada akses menuju download singles, atau I-tunes atau RBT maka satu satunya cara
untuk mendapatkan akses kepada hits yang mereka suka adalah dengan merequest di
radio, atau membeli albumnya.
Kemudian karena orang
banyak yang menyukai hits tertentu maka munculah CHART SHOW yang menunjukkan
mana saja lagu yang lagi nge-hits.
Kemudian muncul
predikat # 1 HIT SINGLE!
Jay Z, berpikiran
berbeda. Pada perayaan 10 tahun berkarir di dunia musik Jay Z berkata “Saya
tidak pernah punya #1 Hit Single, tapi saya punya 10 album yang masuk ke #1
Album. Bagi saya ini membanggakan karena pembeli saya menghargai album saya
secara utuh, bukan hanya mencintai 1 atau 2 lagu saya”
Kalimat itu, bagi
inspiratif dan provokatif.
lebih baik album nomor 1 dari pada hanya 1 lagu yang jadi nomor
1.
Maka strategi dalam album ini adalah dengan TIDAK MENCETAK
HITS.
HITS pada jaman
sekarang membuat orang hanya mencintai 1 atau 2 lagu dan dengan itu mengurangi
kemungkinan mereka untuk membeli album.
bertanya kepada banyak
orang apa alasan mereka membeli sebuah album.
Jawabannya 100% sama.
Ada banyak lagu yang
enak di album tersebut.
Maka fokus adalah pada perkenalan banyak lagu ketimbang hanya 1 lagu .
Selain single You think you know (Indonesia) memainkan 5 lagu yang berbeda selama 1 bulan.
Ada yang salah feat.
Tompi, Mulanya biasa saja feat Angga, Untuk Indonesia feat Drusteelo, Tabib Qiu
dan Joeniar Arief, Dibayang masa lalu dan terakhir lagi Kembali tertawa.
Masing masing lagu mainkan sekali. Hanya satu kali di radio HRFM 1
kali. Tapi mainkan pada jam yang tepat.
yakin, 5 lagu (6 dengan
single You think you know) itulah yang memberikan penilaian di benak pendengar
bahwa ada banyak lagu yang enak di album.
Ketika di Bandung, focus
pada hal yang sama. Memainkan sebanyak banyaknya lagu yang tepat untuk tiap
radio (mengingat tiap radio karakternya beda).
Setelah 3 hari di
Banding keliling ke 14 radio, efeknya terasa di email dan SMS handphone. People
took notice. Orang bisa bilang “Ah tapi kan penyiar di HRFM, enak bisa mainin lagu
seenaknya”Mungkin benar, tapi setiap musisi bisa melakukan apa yang lakukan
dengan teknik yang disebut BARTER PROMOSI.
This is nothing new.Hanya
saja orang suka menggunakannya dengan salah.
Waktu kerjasama barter, menawarkan logo radio
partner di 1000 keping CD. mendapatkan fasilitas berikut ini
SPOT (iklan radio)
ADLIBS (iklan baca)
INSERT (sebuah sisipan,
biasanya untuk kuis)
Jumlahnya tidak banyak.
Sehubungan dengan jumlah keping CD yang juga tidak banyak.
minta untuk mengkonversikan semuanya dengan
INSERT. menolak ADLIBS, SPOT karena menurut hanyalah iklan dan iklan tidak efektif. minta
INSERT agar bisa memainkan lagu sebanyak mungkin.
INSERT pada dasarnya
adalah alat promosi kita yang bisa digunakan untuk apapun.
Mau jadiin kuis, mau
sekedar bacain materi, live report, termasuk didalamnya memainkan lagu .Kemudian
yang perlu orang lakukan adalah menghitung nilai barter.
Bertanya adalah hak
musisi yang melakukan kerjasama barter.Tanyalah berapa harga insert pada prime
time dan harga insert pada regular time.Prime time adalah waktu dalam sehari
dimana pendengarnya paling banyak.Regular time adalah sisanya.
Biasanya iklan pada
prime time (PT) lebih mahal daripada kalau iklannya dipasang di regular time
(RT)
Setelah kita tahu harga
harganya maka kita bisa berhitung berapa nilai total barter yang diberikan
radio partner.
Dengan angka itu yang
perlu dilakukan adalah mempertimbangkan berapa banyak dari nilai tersebut yang
akan kita fokuskan pada PT.
Tentunya mengingat
harga PT yang lebih mahal maka kalau semua angka tersebut dikonversikan ke
insert PT maka jumlahnya akan lebih sedikit daripada kalau semua nilai barter
dikonversikan kepada insert RT.
Tapi ingat, sebelum
album keluar, dan semasa album ada di
pasaran hingga kini albumnya habis hanya
memainkan 5 lagu diatas 1 kali!!! Tapi pemasangan pada jam yang tepat sangat
sangat penting.
Inilah yang menurut t
orang memiliki keputusan untuk mau membeli album . Masalah membeli asli diatas
bajakan.
Sekali lagi, mainkan
sebanyak banyaknya lagu terbaikmu di radio.Bukan satu lagu sesering mungkin.
Tapi sebanyak banyaknya
lagu, pada waktu yang tepat.
SO I GUESS THAT’S IT.
Inilah cara menjual 1000 CD dalam 30 hari.
Memang, bisa jadi CDnya laku karena punya banyak fanbase.
Tapi itu sama sekali
tidak menjamin.
For example, Ghostface
a rapper from down south. A member of Wu Tang Klan.
CDnya terjual 15.000
keping.
Banyak?
Ternyata Ghostface
langsung memasang videonya di youtube dan ngomel kepada fansnya sambil berkata
“Saya baru terima
laporan penjualan CD saya dan saya kecewa. Saya punya 115.000 fans di
Myspace!!! Kemana kalian semua? Kalian kenapa masih mendownload lagu saya?
Apakah kalian tidak sadar bahwa kelakuan kalian bisa membuat saya gantung mic?”
Punya fan base bukan
hal pasti untuk dapat menjual CD dengan baik.
Bukankah Samson dengan
penjualan album pertama sebanyak 750.000 CD seharusnya punya fanbase yang baik?
Mengapa album ke 2
fanbase tersebut tidak berhasil membuat Samson menjual sebaik album pertama?
We can not wait and
hope.
We can not assume.
We have to make an
effort.
Merasa punya fan base
dan menunggu untuk mereka melakukan sesuai dengan harapan kita adalah bukan
strategi
Seperti kata Hillary
Clinton “Hope is not a strategy”
So there you have it.
I have revealed my
strategy.
What I know, is yours.
Knowedge is a public
domain.
You have every right to
be educated.
berdoa yang terbaik untuk karya .
Ini bukanlah strategi
hanya untuk dunia musik.
Strategi adalah kumpulan ilmu yang di dapatkan dari
baca buku.
Kini strategi itu jadi
milik kita.
Goodluck, learn a lot,
and workhard
Sebenarnya sih nggak
persis 1000 CD gue jual dalam 30 hari.
Cara
Musisi Indi Luar Mempromosikan Lagunya
Champion
Sound...
AmieStreet.com
–Jejaring social dan pasar musik untuk para indie artis. Mereka memberikan 70%
penjualan untuk si artis.
AnyGig.com – Tempat
kumpulnya musisi untuk berbagi karya sekaligus membuka penawaran untuk tempat
manggung di luar negeri
Artistopia.com –
Panggung online. Disini grup band bisa unjuk kebolehan lewat profile dan karya.
BandBuzz.com – Jejaring
social tempat artis dan musisi meng-upload karya dan diapresiasi oleh user
lain.
BandChemistry.com –
Tempat mangkalnya anak band. Jika kehilangan salah satu personil nggak usah
bingung. Disini sudah tersedia. Tinggal pilih, lalu nego, jalan lagi deh.
Bandwagon.co.uk –
Jejaring social yang memungkinkan sebuah grup band menjual mobile content berupa
ringtones dan wallpapers
ChampionSound.com –
Milis gratis untuk manajer artis, promoter, dan even organizer.
Elisteningpost.com –
Jalan bagipara musisi dan menjual karya seperti halnya di Myspace dan facebook
FireGigs.com – Sebuah
situs yang mau mempromosikan lagu ciptaan band indie. Cara promosinya, lagu
band Anda akan dimainkan di beberapa kafe, plus dimasukkan Aplikasi Facebook
dan widget di Myspace.
Fuzz.com – Membuka
kesempatan bagi band indie untuk jualan, berpromosi, wawancara lewat milis dan
masih banyak lagi.
Mubito...
HumbleVoice.com –
Hampir sama seperti yang lain. Ini situs yang membuka kesempatan lebar bagi
usisi indie untuk berpromosi
iJamr.com – Mekanisme
situs ini agak ajaib. Seorang musisi mengupload lagunya, lalu diunduh oleh para
blogger untuk dipasang di blognya. Jika lagu terjual maka si blogger mendapat
komisi. Di situs ini sudah tersedia besaran komisinya.
Indistr.com – Sebuah
perusahaan yang membuka peluang bagi para musisi untuk menjembatani penjualan
karyanya. Untuk jasa tersebut Indistr.com memungut 25 % dari penjualan karya
musisi.
mTraks.com – Pasar dan
jaringan bagi artis indie untuk mempromosikan dan menjual karya musik mereka.
Mubito.com –
Mempermudah Anda untuk membuat web untuk band sekaligus berjualan karya musik
Anda dalam bentuk mp3.
Ringtones Sell...
Musicane.com –
Berpromosi dan menjual karya musik dan ringtones
MusicNation.com –
Kumpulan aneka profil musisi yang terbiasa berpacu dalam aneka kompetisi dan
festival.
Panjea.com – Jika grup
band Anda mempunyai banyak video, bisa dikompilasikan di web ini. Ini akan
membuat upaya promosi Anda makin efektif.
PocketFuzz.com – Tempat
para musisi indie menjual ringtones dan menjangkau penggemar lewat media
mobiles phones.
Popfolio.net – Lagu
yang diupload bisa dikemas dalam bentuk widget. Para blogger bia mengunduh
widget tersebut untuk dipasang diblognya. Upaya ini mempermudah para musisi
menyebarkan hasil karya musiknya.
Mailing List...
PumpAudio.com – Membuka
kesempatan bagi musisi indie untuk direkrut oleh industri televise dan film.
Ripple9.com – Situs
yang membantu band indie untuk mempublikasikan karyanya lewat media mobile
phone.
Scriggleit.com –
Software yang dapat Anda gunakan di laptop, sehingga siapapun yang menggemari
hasil karya musik Anda akan bisa langsung mengakses lewat Mailing List.
SessionSound.com –
Situs yang membuka kesempatan bagi para musisi indie untuk melakukan penjualan
online
Sonicbids.com – Memungkinkan
para musisi mencari software elektronik yang murah meriah dan selalu update.